nochibalsoi_templet

Monday, January 17, 2011

Grammar




Akusativ Case. (Objek kalimat)

Untuk membentuk kalimat sederhana seperti "saya ingin anjing" anda perlu akusativ case. Case ini digunakan untuk objek kalimat, dalam hal ini kata "anjing". kalau dalam bahasa ingris misal kita menggunakan kata "me" kalau sebagai objek bukannya "I" atau "him" bukannya "he"
Dalam bahasa Rusia semua kata benda memakai case.

Akusativ case juga digunakan setelah preposisi "B" (ke, kedalam) dan “на” (pada, kepada) ketika menunjukan gerakan menuju sesuatu.

Definisi: " Kata benda animate adalah benda2 yang hidup dan dapat bergerak sendiri. Orang, binatang (tumbuhan tidak termasuk). kata benda inanimate adalah kata benda mati
Dibawah ini aturan untuk membentuk akusativ case dari kata sebagaimana tertulis di kamus.

Kata benda maskulin :

1. kalau kata benda inanimate, tidak ada perubahan.
2. Jika kata benda animate dan berakhiran konsonan tambahkan “а”.
3. Jika kata benda animate, ganti “й”, dengan “я”.
4. jika kata benda animate, ganti “ь”, tambahkan “я”.

Kata menda feminim

1. Ganti “а” dengan “у”.
2. Ganti “я” dengan “ю”.
3. Tidak ada perubahan jika terdapat tanda “ь” .

Kata benda netral:

1. Kata benda inanimate (tidak bergerak) tidak ada perubahan (hampir semua kata benda inanimate tidak ada perubahan)

Pronouns akusativ case

Dibawah ini bentuk pronouns yang dapat digunakan sebagai objek kalimat (akusativ case)
Меня - saya(sbg objek) atau dalam bhs inggris "Me"
Тебя - You (informal)
Его - dibaca ("yevo") buka yego huruf "г" kadang harus dibaca sbg "v/f" dia atau - Him
Её - dia (perempuan atau Her (inggris)
Нас - kami atau Us (inggris)
Вас - anda /kalian (formal, atau plural)
Их - mereka atauThem (inggris)

Dative Case (Objek tak langsung)

Case ini digunakan dalam bahasa Rusia untuk objek tak langsung dalam kalimat. Pada kalimat "Adam memberi bunga ke Anna", kata "Anna" harus dalam dative case. Objek tak langsung normalnya orang yang menerima dari objek langsung

Membentuk Dative Case

kata benda maskulin:

1. Jika kata benda berakhiran konsonan tambahkan “у”.
2. ganti “й”, dengan “ю”.
3. ganti “ь”, tambahkan “ю”.

Адам - Адаму

kata benda Feminim

1. ganti “а” dengan “е”.
2. ganti “я” dengan “е”.
3. ganti “ь” dengan “и”.
4. ganti “ия” dengan “ии”.

Елена - Елене

kata benda netral:

1. Ganti “о”dengan “у”
2. Ganti “е” dengan “ю”

Молоко - Молоку

Вино - Вину

Bentuk jamak - Dative Case

Lihat pada huruf terakhir kata (tertulis seperti di kamus) kemudian..

1. jika berakhiran konsonan tambahkan "ам".
2. ganti "а", "о" dengan "ам".
3. ganti huruf terakhir dengan "ям"
Beberapa Contoh:
Адам - Адаму "Adam" dalam dativ case menjadi "Adamu"
Елена - Елене Elena dalam dativ case menjadi "Elenye"
Молоко - Молоку dibaca molako jadi molaku artinya susu
Вино - Вину dibaca Vina (wine) jadi Vinyu


Pronouns dative case.

personal pronoun dalam dativ case, yang harus anda gunakan sebagai berikut:
(agar lebih mudah dipahami padanan katanya dalam bahasa inggris)

Мне - me.
Тебе - you (informal).
Ему (m), Ему (n), Ей (f) - him, it, her.
Нам - us.
Вам - you (formal, or plural).
Им - them.

Menggunakan dative case untuk objek tak langsung

Objek tak langsung adalah orang atau objek dalam kalimat yang menerima sesuatu. Sebagai contoh dalam kalimat "Ivan memberi bunga kepada Anna" maka Anna adalah objek tak langsung. maka harus menggunakan dative case. Pada kalimat ini dative case digunakan dalam menempatkan kata "kepada"

Bila kalimat diatas diubah susunan katanya menjadi "Ivan memberi Anna bunga, kata "Anna" masih menggunakan dative case, karna Anna sebagai orang yg menerima objek. Dalam bahasa rusia susunan kata dapat di ubah2, karna menggunakan sistem case maka setiap kata bisa di ubah2 susunannya lebih bebas ketimbang bahasa indonesia. Dengan alasan ini anda perlu mengenali bentuk case -nya secara efektif.
Kata Давать -memberi ,biasa digunakan dengan dative case, berikut contohnya:


                                           Mejeng dengan devushka dari Uzbek
Даю - (saya) memberi
Даёшь - (kamu) memberi
Даёт - (dia) memberi
Даём - (kita) memberi
Даёте - (anda) memberi
Дают - (mereka) memberi
Kalau bentuk kalimat perintah untuk kata ini menjadi;
Дай - berikan!
Дайте - berikan!
Beberapa contoh lagi
Иван даёт цветы Анне - Ivan memberi bunga ke Anna.
Я даю цветы Анне - Saya memberi bunga-bunga kepada Anna.
Они дают цветы Елене - Mereka memberi bunga-bunga kepada Elena.
Дайте мне ... - Beri aku ...!
Дайте мне ваш адрес и номер телефона. - Beri saya alamat dan nomer telpon anda!

Помогать - membantu
Я помогаю Анне - Saya membantu Anna.
Я помогаю Ивану - Saya membantu Ivan.
Мы помогаем маме каждый день - Kami membantu ibu tiap hari.
Я помогаю этой девушке - saya membantu gadis ini.

Звонить - menelpon
Она звонит Ивану каждый день - Dia(f) menelpon ivan tiap hari.
Иван звонит Анне каждый день - Ivan menelpon Anna tiap hari.
Ayo kita praktek menggunakan kata нравится -(suka). Adalah kesempatan yg bagus untuk mempraktekan pronoun dative case.

Мне нравится Москва - Saya suka Moskow
Ей нравится Москва - Dia (f) suka Moscow.
Ему нравится Москва - Dia (m) suka Moscow.
Вам нравится Москва - kamu suka Moscow.
Адаму нравится Москва - Adam suka Moscow.
Как вам нравится ...? - bagaimana kamu menyukai...?
Как вам нравится фильм? - Bagaimana kamu menyukai film(nya)?
Вам нравится Москва? - apakah kamu suka Moscow?
Apabila objeknya plural gunakan нравятся -nravyatsya
Мне нравятся дети - saya suka anak-anak
Мне нравятся ваши дети - saya suka anak-anak anda
Мне нравятся цветы - saya suka bunga-bunga
Мне очень нравятся цветы - saya sangat suka bunga-bunga .
Menariknya dalam bahasa Rusia dative case digunakan untuk mengekspresikan keadaan sesuatu. Anda biasanya menggunakan ini untuk mengekspresikan panas atau dingin. Walaupun kita belum mempelajari bentuk adjektiv, tapi tidak mengapa mempelajari ini sekarang. Ok jangan lupa anda harus menggunakan pronoun dativ case-nya lagi.

Мне холодно - saya kedinginan (buat saya itu dingin)
Мне жарко - saya kepanasan (buat saya itu panas)
Ему холодно - Dia(m) kedinginan
Ей холодно - Dia(f) kedinginan
Нам холодно - kami kedinginan
Мне скучно - saya bosan (bagi saya itu membosankan)
Dative case juga digunakan untuk menyatakan usia

Мне восемнадцать лет - saya(berumur) 18 tahun (baca: Mnye vosemnadchat lyet)
Мне двадцать три года - saya 23 tahun (baca: Mnye dvadchat tri goda)

bentuk penghubung "к" (menuju/ke)

Dalam bahasa Rusia penghubung "к" berarti "ke". kemudian di ikuti dengan dative case

Dative case juga bisa digunakan dengan kata penghubung "по" (selama). Meskipun kata penghubung ini sangat beragam dan memiliki banyak arti.

Contoh
Я иду к вокзалу - Ya idu k vokzalu - saya berjalan ke stasiun
Мы едем к друзьям - Mi yedyem k druzyam -kami akan pergi ke teman-teman kami
preposisi "k" kadang tidak usah dibunyikan, jadi baca saja seolah-olah tanda itu tidak ada, baca Mi yedyem druzyam pada kalimat Мы едем к друзьям tsb.







10 comments:

  1. wah lumayan sulit ya gan..
    ngemeng ngemeng fotonya agan asik juga tuh..sama bule..

    ReplyDelete
  2. Gan ,, diawal kok Uzbekistan.
    Knp yg dibawah Ukraina ???

    Hayooo ...

    ReplyDelete
  3. yup salah ketik bro thanks koreksinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih bang atas ilmunyailmunya ,abang punya buku untuk belajar bahasa Rusia yg versi pdf ? Kalau ada, abang share dong .Saya mau belajar terus .Makasih bang

      Delete
  4. insyaallah artikelnya bisa membantu saya yang mau belajar bahasa rusia..

    ReplyDelete
  5. ini salah satu trouble saya. мне проблема!:")

    ReplyDelete
  6. Gan ada rekomendasi dimana tempat kursus B.Rusia yang bagus?

    ReplyDelete